Tips dan Trik Menjadi Mobile Jurnalis(MOJO)

Jangan Lupa Bacakan Doa Untuk Orangtua Yang Sudah Wafat Setiap Selepas Sholat


Ngulikyuk
- Saat kita ditinggalkan oleh orangtua kita untuk selama – lamanya menghadap yang Kuasa pasti kita merasa sangat sedih. Hal tersebut sangatlah wajar mengingat kita bisa hidup nyaman dan aman sejauh ini di dunia karena Allah telah menitipkan kita pada orangtua yang luar biasa hebat. Tak jarang saat orangtua meninggal banyak anak yang merasa bahwa hidupnya akan menjadi sangat hampa.

Padahal alih – alih merasa sedih yang terlalu berlebihan sebaiknya kita justru harus banyak mengirimkan doa kepada orangtua kita yang telah pergi meniggalkan kita. Karena saat seseorang wafat semua amalan dan kewajibannya di dunia akan terputus kecuali 3 perkara. Perkara tersebut antara lain amal jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan terakhir doa dari anak yang sholeh dan sholeha.

Untuk mendoakan orangtua yang sudah wafat pun banyak cara yang bisa dilakukan, jika sempat anda bisa membacaka doa untuk orangtua yang sudah meninggal di kuburannya sambil berziarah. Tapi jika tidak maka anda bisa membacakan doa tersebut dimanapun dan kapanpun karena doa yang dibacakan oleh anak yang sholeh tidak ada batasannya dan itulah salah satu yang bisa meringankan jalan orangtua di akhirat kelak.

Berikut ini beberapa doa untuk orangtua yang sudah meninggal yang bisa anda bacakan setiap kali selepas sholat.

- Allahummaghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wa wassi’ madkholahu, waghsilhu bil maa i wats-tsalji walbarodi wa naqqihii minal khothoo ya kamaa yunaqqots- tsawbul abyadhu minad danas, wa abdilhu daaron khoiron min daarihii wa ahlan khoiron min ahlihii wa zawjan khoiron min zawjihi, wa adkhilhul jannata wa a ‘idzhu min ‘adzaabil qobri wa fitnatihi wa min ‘adzaabin naar.

Artinya : wahai Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah dia. Dam muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka.

- Robbanaghfirlii waliwalidayya walilmu’miniina yauma yaquumul hisaab.

Artinya: Ya Rabb, ya Tuhan kami berikanlah ampunan kepada aku dan kedua ibu bapakku sekligus kepada orang-orang mukmin ketika terjadinya hari hisab atau hari kiamat. (Quran surat Ibrahim: 41).

- Allahummaghfir lahum, warhamhum, wa ‘afihim, wa‘fu ‘anhum. Allahumma anzilir rahmata, wal maghfirata, was syafa’ata ‘ala ahlil quburi min ahli la ilaha illallahu Muhammadun rasulullah.

Artinya: Ya Allah, berikanlah ampunan serta kasih sayang maupun afiat dan permintaan maaf untuk mereka. Ya Allha turunkanlah rahmat maupun ampunan serta syafa’at bagi ahli kubur serta penganut dari dua kalimat syahadat.

Sisanya selain berdoa anda juga bisa mengobati rasa rindu anda kepada orangtua yang sudah meninggal dunia dengan bersedekah. Sedekah disini bisa saja sedekah ilmu, harta, atau bahkan memberi makanan kepada orang yang kurang beruntung. Selanjutnya anda juga bisa membaca alquran, anda bisa membacakan Yasin yang dikhususkan kepada orangtua anda yang sudah meninggal dunia.

Jika kedua hal tersebut masih belum bisa mengobati rasa rindu anda maka anda bisa berziarah ke makamnya dan membacaka doa secara langsung. Dengan begitu maka anda akan merasa lebih dekat dengan orang yang anda cintai.


Comments