MAU MASJID KAMU MAKMUR? PAKAI CARA INI

Mau Masjid Makmur, Ini Tipsnya ?


Ngulikyuk -
 Bulan ramadhan adalah moment yang sangat mengasyikan bagi ummat islam. Banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan dan kebanyakan berpusat di Masjid. Sebut saja berbuka bersama, sholat tarawih dan i'tikaf. Alhamdulillah tahun ini pemerintah telah mengizinkan untuk sholat berjamaah dimasjid, tentunya dengan protokol kesehatan.

Karena masjid adalah pusat kegiatan islami, maka sudah seharusnya petugas masjid menjadikannya makmur dan menghimpun jamaah sebanyak-banyaknya.

Jika tips-tips ini dilaksanan secara total maka akan makmurlah masjid tersebut. Buat kamu yang ingin hal itu terwujud, simaklah artikel berikut..

1. Ajak dan Layanilah Jamaah dengan Baik ( KHIDMAT )

Anggap semua yang datang ke masjid kamu sebagai tamu, baik yang kenal ataupun yang tidak dikenal. Karena tamu harus dimuliakan maka dipastikan akan terlayani dengan baik.

a. Lakukanlah Senyum Simetris

Tebarkan senyuman terbaikmu kepada siapapun. Tipsnya adalah 2 Centimeter kekanan dan 2 Centimeter kekiri maka akan menghasilkan senyum yang sumringah. Jangan berikan senyuman hanya dari satu sisi saja, dari kiri saja atau hanya dari kanan karena akan terkesan mengejek.

b. Sediakan Makanan dan Minuman

Salah satu trik supaya masyarakat tertarik untuk datang ke masjid dengan menyediakan minuman atau makanan secara gratis. Semisal menyediakan kopi dan teh paling menyediakan minimal air mineral. Pelayanan seperti ini akan membuat masjid kita mempunyai hal yang unik dan berbeda dengan yang lainnya.

c. Perindah dan Buat Nyaman Masjid 

Kenyamanan jamaah adalah nomor satu. Setelah kita menjamu mereka, maka sebelumnya pastikan lingkungan masjid kita rapi dan bersih agar ibadah pun akan khusuyuk. Mengganti secara berkala parfum serta mencuci mukenah dan sajadah adalah hal yang juga sangat penting.


2. Taklim wa Taklum

Belajar dan Mengajar adalah kegiatan yang dapat dilakukan untuk membuat masjid menjadi makmur. Banyak sekali jenisnya dari bidang yang satu ini. Belajar mengaji misalnya, anak-anak yang ada disekitaran masjid akan meramaikan dan akan menambah riuh suasana masjid.

Pilihan lainnya ialah membacakan hadits diselah-selah Adzan dan Iqomah. Sementara menunggu teman-teman yang akan sholat atau berwudlu kita mendengarkan manfaat dalam beribadah yang kita lakukan.

3. Dzikir Ibadah

Laksanakanlah Ibadah wajib dan dzikir-dzikir kepada allah subhana wa ta'ala agar semakin hidup suasana keagamaan di masjid kita. Semakin banyak jamaah yang datang kemasjid maka akan semakin makmur.

4. Dakwah Ilallah

Bicarakan kebesaran allah. Jangan bicarakan masalah-masalah dunia, jangan pula berbicara politik, apalagi melakukan perdebatan. Kalau kebesaran allah saja yang kita bicarakan, maka insya allah akan ditambah keimanan dan akan diberi kekhsusyukan dalam beribadah.

Amalan-amalan diatas sebenarnya adalah yang dilakukan di masjid Nabi, dan paling baik pelayanannya kepada jamaah. Pantaslah kita meniru apa yang sudah menjadi contoh ril kesuksesan suatu peradaban dan masjid menjadi sentral kehidupan pada saat itu, saking pentingnya.. Insya allah


Comments