Solusi Buat Kamu yang butuh Sat-Set

Seni Ini Paling Terkenal di Indonesia

 
Seni di Indonesia
NgulikYuk - Manusia merupakan manusia yang sempurna, bermacam-macam kreasi sudah tercipta sejak dulu kala. Salah satunya adalah kesenian. Hasil buah karya ini tercipta berkat pemikiran yang kreatif dan untuk menghibur diri sebagai makhluk yang memang membutuhkan hiburan. Karya seni itu sangatlah beragam dimulai dari Seni Rupa, Seni Grafis, Seni Mural, Seni Kerajinan, Seni Sastra dan masih banyak lagi. Berikut seni paling populer di Indonesia Bahkan di kenal seantero Dunia.

1. Wayang

Kesenian wayang memang sudah di akui Dunia, pada tanggal 7 November 2003. Seni pertunjukan dengan alur cerita yang menarik adalah pengertian dari wayang. Perkembangan wayang sangat di ganderungi di Jawa dan Bali. Setidaknya ada 4 bentuk wayang yakni Wayang Orang, Wayang Kulit, Wayang Purwa, dan Wayang Golek.Kesemuanya diatur oleh seorang yang menjadi narator jalannya cerita yang di sebut dengan Dalang. Banyak pertunjukan wayang yang di laksanakan di Internasional dan membuat bangga bangsa kita. Para peminat wayang tak hanya berasal dari dalam negeri tidak sedikit yang berasal dari luar negeri, maka dari itulah sudah banyak sanggar wayang di belahan dunia. 

2. Tari Saman

Tari Saman adalah tari yang mengandalakan keselarasan gerak tari dari sang penari, tari ini unik karena di laksanakan dengan cara duduk. Berasal dari daratan Sumatera yakni Aceh, di gunakan untuk memperingati hari besar di daerah itu. Namun dalam perkembangannya Tari ini sudah menjadi Initial bangsa Indonesia. Dengan diakui oleh UNESCO pada 24 November 2011 membuat tari saman mudah di kenal oleh dunia. Penampilan para penari sangatlah menarik, dimulai dari gerak lamban dan semakin lama kecepatan pun ditambah sesuai dengan irama musik yang di mainkan. Tertarik dengan seni yang satu ini, sudah banyak sanggar yang menjadikan tari saman sebagai pelajaran kita cukup datangi sanggar-sanggar tersebut.

3. Angklung

 Angklung adalah alat musik dari Bambu yang mempunyai susunan tertentu, menghasilkan bunyi yang dapat di sesuaikan oleh group pemain. Pantulan badan bambu dengan pipa yang di buat menghasilkan nada yang lengkap dari Do, Re, Mi, Fa, Sol, La, Si, dan Do. Berasal dari tanah Sunda yang karakter nya memang luwes. Pada tahun 2010 di bulan November UNESCO menetapkan Angklung sebagai warisan budaya Indonesia. Jerman dan Australia adalah contoh bangsa yang sangat tertarik dengan Angklung ini. Terbukti dengan adanya Universitas di negara nya yang memasukan angklung salah satu pelajaran.

4. Batik

 Seni Batik adalah karya yang luar biasa di sematkan di kain dengan berbagai motif. Batik di miliki bangsa Indonesia sejak lama setiap daerah pun memiliki batik yang berbeda pula. Baju Batik menjadi salah satu hal yang wajib di beli oleh tourist asing jika ke Indonesia. Bahkan batik sekarang sudah banyak di buat festival di setiap daerahnya. Namun kota batik yang terkenal adalah kota Pekalongan. Semua unsur pemerintahan dan sekolah bahkan kampus mewajibkan menggunakan batik pada hari tertentu.

Comments