Solusi Buat Kamu yang butuh Sat-Set

Tips dan Trik Menjadi Mobile Jurnalis(MOJO)


Ngulikyuk
– Dunia saat ini sudah sangat terbuka dengan adanya akses internet untuk semua. Semua orang bisa menjadi reporter dan menjadi viral. Kabar berita pun sudah tersedia dalam berbagai bentuk sebut saja Berita, Audio, bahkan dalam bentuk video. Menyajikannya merupakan sebuah keahlian yang gampang-gampang susah namun tentunya semua itu dapat dipelajari, check this out ..

Salah satu bentuk kemudahan dalam penyajian kabar tersebut dengan menggunakan gawai atau smartphone inilah yang biasa dikenal dengan istilah Mobile Journalis(MOJO). Mojo ini akan menghasilkan produk yang baik apabila dilakukan dengan benar dan kesiapan yang cukup.

1.       Pastikan Gawai dalam Mode Pesawat

Saat melakukan peliputan terutama dalam pengumpulan informasi hendaknya kita sebagai jurnalis yang menggunakan handphone pada posisi tanpa internet. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi gangguan saat proses pengumpulan data, ditakutkan ada gangguan seperti telepon masuk, notifikasi  medsos yang membuat kita tidak sengaja mengkliknya.

Apabila dalam mode pesawat maka kita akan cenderung lebih fokus dalam melakukan peliputan tersebut. Bagaimana sudah paham sekarang ?

2.       Pilihlah Format Terbaik

Format terbaik dalam video misal, Smartphone kita dapat merekam dalam Full HD tapi setingan kita hanya pada 720p hal ini akan mengurangi kualitas dari video yang dihasilkan. Foto juga demikian, sebaiknya lihat dulu setingan pada hape kita pastingan pada format terbaiknya agar hasilnya maksimal.

3.       Aksesori Bila Diperlukan

Satu nilai plus apabila kita mempunyai aksesoris pendukung untuk melakukan peliputan dengan menggunakan handphone. Gambar akan lebih stabil dengan penggunaan gimbal handphone misanya atau pun microphone eksternal untuk menangkap suara yang lebih jernih.

4.       Aplikasi Editor

Setelah proses pengumpulan data selanjutnya masuk pada proses editing atau menyunting bahan yang sudah ada dihandphone kita. Aplikasi editor video harus tersemat dalam gawai kita. Ada lagi aplikasi yang dapat merubah suara menjadi teks, ini juga sangat membantu dalam penyajian konten secara cepat.

Foto dan video akan lebih terlihat proper apabila sudah disunting ketimbang tanpa editing yang pasti akan berpengaruh pada netizen diluar sana. Menguasai apikasi-aplikasi ini juga perlu dipelajari sehingga hasilnya pun menjadi lebih baik.

5.       Beri Watermark

Sebuah karya yang sudah dihasilkan terkadang di kopas dengan mudah oleh orang lain. Maka dari itu sebaiknya sebelum dipublikasikan hendaknya memberikan tanda autentik sebuah karya dengan watermark difoto maupun video tersebut.

Pengakuan karya seseorang dianggap belum terlalu penting dinegara kita maka dari itu untuk menghindari pengakuan hak karya secara sembarangan hal paling efektif yang dapat dilakuakn ialah memberi tanda air tadi.

Keuntungan Mobile Jurnalis/MOJO

Fleksibel dan Mudah

Tanpa ribet membawa kamera yang besar seorang jurnalis sudah bias menyajikan berita secara cepat dan efektif. Apalagi kulitas smartphone saat ini sudah sangat baik yang sudah sangat layak sebagai pengganti kamera atau peralatan sejenisnya.

Tanpa mengirim file atau memindahkan data ke kantor bahan yang dikumpulkan sudah langsung bias diedit dan langsung dipublikasikan, tentunya lebih efisien kan ?

Tidak mengintimidasi narasumber juga menjadi keuntungan apabila menggunakan smartphone sebagai alat dalam melakukan peliputan, sehingga bias berjalan secara alami dalam melakukan interaksi dengan narasumber.

Dengan dukungan internet yang bagus maka akan semakin cepat pula informasi tersebut tersebar. Sehingga kita dapat mengabarkan peristiwa secara real time bahkan dengan live streaming sekalipun, semoga bermanfaat, Insya allah

Comments