Fumida, Pembasmi Rayap Mudah dan Murah

Hakekat Dunia Yang Jarang Diketahui



Ngulikyuk
- Assalamu'alaikum semua.. kali ini kita akan membahas tentang hakekat dunia yang kita tinggali ini. Kita diciptakan oleh Allah Subhanahu Wa ta'ala untuk menjadi khalifah dimuka bumi dan diperintahkan untuk beribadah kepada-Nya saja. Namun, terkadang kebanyakan manusia lupa akan hal itu. Terlena dengan dunia adalah salah satu yang melalaikan dari mengingat Allah, padahal Dunia sudah ditetapkan sebagai sesuatu yang sementara saja dan pasti akan berakhir.

Allah melalui Nabi dan para sahabat membuat perumpamaan dunia sebagai gambaran yang Hina. Masalahnya, kita tidak mengetahui hakekat sebenarnya dari dunia tersebut. Setidaknya ada empat hakekat dunia yang harus kita ketahui..

1. Seperti Bangkai Kambing Yang Cacat

Dalam suatu kisah pada zaman Rasulullah sallallahu 'alaihi wasallam. Ketika itu beliau berada di pasar dan sedang bersama para sahabat. Ia melihat bangkai anak kambing yang cacat dan mencoba meneriakan " siapa yang mau membeli bangkai ini ? ".

Rasulullah mengambil dan memegang telinga anak kambing tersebut seraya bersabda, " siapa diantara kalian yang mau memiliki anak kambing ini dengan harga satu dirham." Para sahabat menjawab, " Kami tidak mau kambing itu menjadi milik kami walu dengan harga murah, lagipula apa yang dapat kami perbuat dengan bangkai ini? "

Kemudian Rasulullah berkata lagi, " Apakah kalian suka anak kambing ini menjadi milik kalian? " Mereka menjawab, " Demi Allah, seandainya anak kambing ini hidup maka cacat tellinganya, Apalagi dalam keadaan mati." Mendengar pernyataan mereka, Nabi bersabda, " Demi Allah, sungguh dunia ini lebih rendah dan hina bagi Allah daripada bangkai anak kambing ini untuk kalian."(HR Muslim)

2. Seperti Satu dari Sebelah Sayap Nyamuk

Dalam satu hadits disebutkan bahwasanya Allah tidak akan memberikan minum kepada orang kafir minum walau hanya satu tetes apabila dunia ini sangat berharga dimata-Nya. Nabi sallallahu 'alaihi wasallam bersabda, " Seandainya dunia punya nilai disisi Allah walau hanya menyamai sebelah sayap nyamuk, niscaya Allah tidak akan memberikan minum orang kafir seteguk air pun." (HR. At-tirmidzi no. 2320, dishahikan Asy-Syaikh Al-Albani dalam Ash-Sahihah no. 686)

Maka dari itu, orang terkaya pertama adalah orang kafir. Orang kaya kedua juga adalah orang kafir, dan seterusnya. Ini menjadi bukti bahwasannya Allah tidak menilai manusia dari materi seseorang tapi berdasarkan Imannya.

3. Seperti Wanita Tua Dengan Perhiasanya

Saat Rasulullah sallallahu 'alaihi wasallam mengalami Isra' Miraj, Allah menampakan gambaran manusia kepadanya dengan wanita yang pandai bersolek dan memiliki perhiasan yang banyak. Rasulullah bertanya, siapakah kamu? wanita itu menjawab, " akulah dunia yang ditempati manusia." Padahal wanita tua itu ketika di akhirat kelak akan dihadapkan kepada dunia ini berupa wanita tua yang kembung perutnya, tampak gigi siungnya, dan buruk rupanya. 

Namun saat ini, manusia kebanyakan mengerubungi wanita tersebut dan tertipu dengan perhiasannya. Kelak diakhirat, jangankan menoleh kenal saja kita tidak mau Na'udzu billah.

4. Seperti Setetes Air Saat Diangkat dari Samudra Luas

" Demi Allah, tidaklah dunia dibandingkan akhirat kecuali seperti jari tekunjuk yang dimasukan kelaut, lihatlah berapa tetes air yang tersisa."(HR. Muslim No. 2858). Berdasarkan hadits tersebutlah kita mengetahui bahwasanya dunia ini memiliki hakikat yang hina. Kita seyogyanya tidak berlebihan dalam meraih dunia karena hanya ia hanya sedikit saja dibandingkan dengan akhirat tempat kehidupan abadi, Bahagia di dalam Surga atau sengsara didalam Neraka.


Comments