Solusi Buat Kamu yang butuh Sat-Set

Mengenal Apa Itu Pubertas dan Circlenya


Ngulikyuk – Bismillah, Manusia diciptakan sebagai makhluk sempurna oleh Allah subhana wa ta’ala. Semua sisi sangatlah kompleks dan sangat rumit untuk dipelajari, namun dengan kekuasaan-Nya manusia dapat melalui semua fase kehidupan. Tak terkecuali masa pertumbuhan atau sering disebut Pubertas. Sudah tahukah kamu apa itu pubertas dan apa yang meliputinya?

Artikel ini akan membahas semua yang berkaitan dengan masalah tersebut. Kuy simak dengan seksama agar tidak salah paham atau malah gagal paham..

Definisi

Pubertas sendiri berasal dari bahasa latin yakni puberatum yang artinya usia kedewasaan atau perubahan yang menunjukan bahwa seseorang sudah mampu melakukan reproduksi seksual atau dengan bahasa lugasnya Laki-laki mampu membuahi dan Wanita sudah siap dibuahi atau mampu untuk mengandung untuk kembang biak manusia di alam dunia ini.

Dalam bahasa arab sering disebut Akhil Baligh, dimana seorang manusia mampu membedakan yang benar dan salah. Artinya proses pertumbuhan anak menuju dewasa yang menjadi tanda bahwa ia akan mampu secara seksual dengan lawan jenis tentunya.

Ciri-ciri

Masa pubertas memiliki tanda yang umumnya dilalui semua manusia. Uniknya, laki-laki dan perempuan terjadinya masa pubertas atau akil baligh ini cukup berbeda. Laki-laki mengalami masa pubertas mulai dari usia 12-16 tahun sedikit lebih lambat dari kaum hawa yang berada pada umur 10-17 tahun.

Pada Pria

1.       Tumbuhnya bulu di area khusus

Perubahan hormone yang dihasilkan akan menghasilkan perubahan pada tubuh seorang laki-laki salah satunya yakni tumbuhnya bulu pada daerah tertentu misalnya pada area kemaluan, ketiak, atas bibir atau sering disebut kumis dan area dagu atau jenggot.

2.       Perubahan ukuran anggota tubuh

Sama halnya dengan makhluk lainnya. Perubahan terbesar pada manusia terjadi sangat pesat ketika berada pada fase pubertas yang paling tampak biasanya pada laki-laki diantaranya munculnya jakun, bertambahnya ukuran alat reproduksi, terbentunya otot-otot dan bertambah tinggi serta besar anggota tubuh.

3.       Siklus tubuh meningkat

Hal ini terjadi secara lumrah hampir pada seluruh manusia, mulai dari mudah berkeringat karena perubahan hormon yang diproduksi tubuh yang juga ikut meningkat. Awal tumbuh jerawat juga menjadi salah satu cirinya, yang diakibatkan kurang stabilnya perubahan tersebut.

4.       Lainya

Ada juga pertanda lain bahwa ia memasuki masa pubertas. Mimpi basah misalnya, ini merupakan ejakulasi yang terjadi saat kita tidur. Produksi hormon testorogen pada pria yang meningkat adalah sebab utama dari mimpi basah ini. Hal lainnya lagi ialah berubahnya mode suara mejadi lebih berat dan ngebass yang menjadi ciri orang menuju dewasa.

Pada Wanita

1.       Perubahan ukuran organ tubuh

Hampir sama dengan kaum pria, wanita juga memiliki ciri yang paling menonjol yakni perubahan pada organ tubuh diantaranya ukuran payudara, membesarnya ukuran pinggul yang diakibatkan oleh membesarnya ukuran Rahim yang siap dibuahi, ada lagi bertambahnya tinggi dan berat badan secara signifikan terkadang dalam  pertumbuhannya lebih besar dan tinggi dibandingkan para pria.

2.       Menstruasi

Tanda seorang wanita mampu dibuahi yakni sel telur yang aktif dalam istilah medis disebut endometrium yang menebal untuk memperisapkan kehamilan, namun jika belum dibuahi maka pembulu darah yang terdapat dalam ovum  akan keluar dalam bentuk bercak darah. Faktanya, setiap bulan Rahim wanita mempersiapkan kehamilannya.

Buntut dari menstruasi ini, para remaja perempuan terutamanya mengalami ketidakstabilan emosi. Mood Swing atau yang sering disebut, banyak factor yang menyebabkan hal ini terjadi.

3.       Tumbuh bulu pada area intim

Pada wanita juga berlaku hal yang dialami para pria, namun daerah yang mendapat tambahan bulu tidak begitu banyak seperti pada para pria. Hanya daerah intim dan ketiak yang umumnya ditumbuhi bulu.

 

Cara Menyikapinya( Bagi Orang Tua dan Bagi yang Mengalami)

Sebagai orang tua, berikan bebrapa informasu bahwa hal itu dialami oleh semua orang yang menuju dewasa dan suguhi beberapa informasi yang dapat dilakukan saat terjadi masa pubertas tersebut. Maklumi perihal emosi dalam batas wajar.

Sebagai yang Mengalami, mencari tahu berbagai proses dan cara mengatasi jika terjadi hal-hal yang terjadi pada diri saat terjadi masa pubertas pada diri. Menerima dan mensyukuri berkah dari allah dengan tidak melakukan hal-hal yang dapat menghambat atau merusak proses tersebut.

 

Demikianlah artikel tentang pubertas dan circlenya semoga bermanfaat, karena sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat untuk orang lain.

Comments