Fumida, Pembasmi Rayap Mudah dan Murah

3 Hal Unik yang Jarang Dilakukan Bocil Zaman Now


Ngulikyuk -  
Masa kanak-kanak adalah hal yang paling menyenangkan bagi semua orang, biasa juga disebut sebagai dunianya bermain. Semua hal yang dilakukan adalah permainan yang menyenangkan berinteraksi bersama kawan-kawan sejawat. Namun, saat ini sangatlah berbeda dengan masa dulu dimana anak-anak sekarang atau biasa disebut bocil lebih banyak berinteraksi dengan gadget yang mengurangi interaksi terhadap dunia luar.


Kali ini ngulikyuk akan menggambarkan ulang hal apa saja yang dilakukan anak zaman 90-an yang tidak bisa dinikmati oleh anak di zaman sekarang.

1. Main Gundu

Permainan tradisional yang satu ini sangatlah seru. Variasi permainannya pun sangatlah banyak mulai dari duel satu lawan satu, sampai bergroup yang biasanya beranggotakan anak-anak tongkrongan di lingkungannya sendiri. Siapa sang penembak jitu maka akan mendapatkan banyak gundu. Mendapatkan gundu atau sering juga disebut kelereng yang langkah adalah suatu kebanggan yang patut ditunjukan kepada yang lainnya, atau ada salah satu kelereng yang menjadi andalan saat bermain.

2. Ngebolang

Berpetualang atau disebut ngebolang menjadi hal ke-2 yang patut dibahas. Pasalnya kegiatan bermain diluar ruangan ini biasanya dilakukan di alam bebas. Kita bisa saja melakukan hal-hal yang seru seperti mandi di sungai, mencari buah langkah, bahkan berkemah dengan persiapan yang memadahi.

Dalam ngebolang perlu diketahui bahwa kalian harus tahu daerah yang kalian jelajahi, agar mengurangi resiko tersesat. Sebaiknya membawa guide lokal yang sudah pernah menapaki jalan tersebut. Bawalah bekal yang cukup agar petualangan kalian terasa menyenangkan.


3. Permainan Tradisional
Banyak sekali jenis permainan tradisional yang sekarang tidak diketahui oleh bocah cilik(bocil) zaman sekarang. Setiap daerah punya nama yang berbeda-beda pula salah sau contohnya petak umpet, kalau di daerah sumatera sering disebut dengan tetekongan.

Permainan yang lain juga menyenangkan sebut saja meriam bambu, bedil, teka-teki harta karun, dan ketapel.

Itulah beberapa hal yang sekarang sudah jarang dilakukan oleh anak zaman sekarang namun masih dilakukan dikampung-kampung yang jauh dari gadget. Mengenal permainan yang tidak menggunakan teknologi merupakan hal yang menarik. 

Jangan sampai kita kehilangan apa yang sudah diwariskan oleh para leluhur yang bisa menyatukan hati dengan hal-hal yang sangat membuat kehidupan individual menjadi dominan. Generasi penghubung adalah generasi yang bertanggung jawab dengan hal ini dibantu oleh pemerintah agar bisa dilestarikan kembali.

SELAMAT BELAJAR SAMBIL BERMAIN !!!

Comments