Fumida, Pembasmi Rayap Mudah dan Murah

Cara Empower People Ala Ngulikyuk

Sumber foto : https://www.pexels.com/photo/man-people-woman-hand-6170758/

Ngulikyuk
 - Assalamu'alaikum apa kabar klean, Insya allah dalam keadaan baik. Itulah salah satu nikmat yang harus kita syukuri dan paling sering terlupakan. Ngulikyuk akan membahas materi yang cukup sering kita ucapkan namun belum tahu bagaimana caranya, bahkan sebagian dari kita belum banyak memahaminya yakni EMPOWER.  

Pengertiannya dalam bahasa Indonesia adalah Memberdayakan. Empower adalah suatu sistem yang bertujuan membuat setiap orang yang ditemui dapat melepaskan potensi, kemampuan, dan energi yang mereka miliki demi kepentingan bersama. Jadi dapat dipastikan orang yang memiliki sifat ini adalah orang punya pengaruh besar terhadap lingkungan sekitarnya.

Memberdayakan orang lain sangat populer bagi suatu organisasi atau sebuah instansi. Suatu organisasi wajib memiliki hal tersebut agar semua orang yang ada ditempat tersebut bisa bekerja dengan maksimal.


Kesalahan dalam menginterpretasikan Empower

Banyak pemimpin yang salah dalam mengartikan Empower dalam suatu sistem. Alih-alih membuat orang yang diembankan tugas menjadi senang, sebaliknya orang-orang tersebut menjadi tertekan dengan tugas-tugas yang diberikan.

Sejatinya empower akan membuat orang yang diberi amanah akan merasa punya tanggung jawab dan mengerjakannya dengan suka hati. Apabila hal tersebut tidak didapatkan oleh pekerja maka ada yang salah dengan cara kita meng- empower seseorang.

Kesalahan yang paling sering terjadi ialah mengganti maksud berdaya menjadi perdaya, hal ini bukanlah yang semestinya yakni memberdayakan. Kedua istilah ini memanglah mirip namun dalam pengaplikasiannya sangatlah berbeda.

Memberikan tambahan tugas, tanggung jawab tanpa memberikan wewenang adalah kesalahan yang sangat buruk dalam artian memperdayakan. Sebagai logikanya orang kebanyakan hanya ingin berbagi tugas atau beban tapi tidak ingin berbagi kekuasaan.

Cara Mendapatkannya Kekuatan Empower

Memperdayakan setiap orang pasti bisa, tapi untuk memberdayakan belum tentu. Mungkin ungkapan ini adalah gambaran umum untuk situasi saat ini. Butuh waktu yang panjang untuk bisa memberdayakan. Namun, bukan hal yang mustahil untuk bisa didapatkan dengan memperhatikan beberapa hal berikut yang telah kami rangkum.


a. Bangun Komunikasi yang Baik

Komunikasi yang baik tidak bisa didapatkan secara instan. Harus dibangun seiring waktu, dan intens bertemu bahkan seseorang dalam lingkup keluarga belum tentu dapat mengenal baik orang disekelilingnya. Tepo selero adalah hal yang paling penting dalam membangun suatu komunikasi dengan sesama. Hargai orang terlebih dahulu apabila ingin dihargai, hormati orang terlebih dahulu apabila ingin di hormati.


b. Jadilah Role Model

Memerintah memang paling mudah. Tetapi orang yang diberi perintah terkadang menggerutu atas apa yang kita bebankan tersebut. Supaya bisa memberdayakan hendaklah memberikan tugas namun orang yang diberi amanah tersebut merasa segan dan bekerja dengan kemampuan secara penuh dan tanpa merasa dibebani.

Sebelum mengembankan suatu tugas kepada seseorang laksanakan atau tunjukan bahwa kita bisa melaksanakan hal itu dengan baik.


c. Trust them

Kepercayaan adalah hal yang paling penting dalam setiap segi kehidupan. Maka berilah orang tersebut tugas dengan kepercayaan hingga ia merasa punya kemampuan yang patut ditunjukan secara penuh. Hasilnya ia akan totalitas dalam melaksanakan setiap tugas yang diberikan.
















Comments

  1. Penting banget nih, dalam pengaplikasian masih banyak yg tidak paham

    ReplyDelete
  2. mantap nih, dengan memiliki kemampuan empower people bakalan lebih mempermudah hidup kita. :)

    ReplyDelete
  3. Makasih tipsnya. Ini tuh bermanfaat banget di dunia kerja

    ReplyDelete
  4. Empowerment adalah konsep penting yang dibutuhkan individu untuk terus tumbuh dan berkembang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. individu yang diberdayakan akan menghasilkan output yang baik

      Delete
  5. Cakep! Harusnya emang kaya yg Aang tulis ya, tapi di lapangan banyak yg taunya cuma nyuruh nyuruh aja hhhh gokil!

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget tan, kita yang paham harus sosialisakan..

      Delete
  6. Setuju banget untuk berdayakan potensi di sekitar kita. Biar bisa saling kolaborasi

    ReplyDelete
  7. Makasih tipsnya ini bermanfaat dimana saja kayaknya

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah berkomentar secara bijak dan sesuai topik . . .