Solusi Buat Kamu yang butuh Sat-Set

Kenali 4 Kendala Saluran Air dan Solusinya


Ngulikyuk - Assalamualaikum semua, dimanapun kalian berada. Semoga allah selalu bersama kita ya.. kali ini kita akan membahas masalah saluran air yang sering kita temui dirumah dan bagaimana solusi terbaik cara mengatasinya. Pipa air panas misalnya, apakah bisa menggunakan pipa pada umumnya atau harus menggunakan pipa khusus dan punya standar tersendiri. Ayo simak artikelnya dibawah ini..

Setidaknya ada 4 masalah saluran air dimulai dari pipa air mampet sering terjadi dan cukup mengganggu..

1. Pipa Mampet 

Masalah pertama yang dihadapi adalah pipa mampet, ini sering terjadi karena banyaknya kotoran pada air ataupun terdapat plastik atau bebatuan yang secara tidak sengaja masuk kedalam saluran pipa rumah. Jika kotoran ini menumpuk, maka akibatnya air tidak bisa lewat dengan lancar dan mengakibatkan kemacetan. Sebab kedua yakni buruknya instalasi pipa disuatu tempat, ini juga menjadi sebab tidak lancarnya air ke keran rumah kita.

Solusi yang pertama, untuk perlakuan pada pipa yang mampet karena kotoran dengan cara memberikan filter pada pangkal pipa tempat menyedot air. Hal ini dapat menjaring berbagai kotoran yang besar yang akan menyebabkan pipa mampet.

Solusi kedua dengan cara memeriksa kembali dan melakukan re-instalasi pada pemasangan pipa yang menyebabkan tidak lancarnya pergerakan air.


2. Keran Rusak

Masalah satu ini seringkali kita temukan dan karena malas membetulkannya bisa merembet sampai ke pipa bahkan ke mesin air. Jika keran air dirumah kita bermasalah, hendaklah diperbaiki secara cepat agar tidak menambah kerusakan dikomponen lainnya. Penyebab keran rusak yang pertama adalah buruknya materi atau bahan dasar keran tersebut seperti plastik yang mudah pecah ataupun besi yang mudah berkarat.

Solusinya, pilihlah materi yang bagus. Ini tentu harus dipilih sebelum kita melakukan pemasangan.  Berdasakan kriteria ketahanan serta kualitas yang baik maka keran akan bertahan dan akan memperkecil tingkat kerusakan sebelum waktunya.  Walaupun sedikit mahal jika berkualitas ini akan lebih baik daripada tergiur membeli dengan harga murah namun tak bertahan lama rusak dan diharuskan mengganti, yang akan menambah biaya dan waktu lagi tentunya untuk perbaikan.


3. Air Tidak Jernih

Sebagian tempat menghasilkan air yang kurang jernih dan berbau ini juga salah satu permasalahan yang kerap kali dirasakan rumah tangga. Biasanya ini terjadi karena kontur tanah ditempat itu buruk, dan mengandung banyak minyak atau daerah rawa. 

Solusi awal yang dapat dilakukan adalah menggunakan tawas atau garam disumur sebagai penetral air. Tawas sendiri dapat mengurangi bau sedangkan garam dapat menyerap minyak yang terdapat pada air.

Solusi yang kedua, mengendapkan air  dipenampungan. Semakin lama maka kita akan mendapat saringan air yang bagus atau bersih dipermukaan, sedangkan bagian bawah adalah kotoran yang mengendap. Namun solusi ini membutuhkan rentang waktu yang cukup lama dan menjengkelkan pastinya.

Ketiga, kita bisa memberikan filter dikeran dengan tambahan berbagai komponen pemurni air seperti pasir, kerikil, arang yang bisa menetralkan pH air dan mengurangi bau yang ditimbulkan oleh tumpukan lumpur. Kekurangannya adalah saringan yang harus diganti secara berkala dan ini cukup ribet.

4. Air Mati Bayaran Tetap Tinggi

Bagi pengguna Perusahaan Daerah Air Minum(PDAM) hal tersebut menjadi masalah yang dihadapi dan kadangkala menjadi bahan perhitungan yang cukup krusial karena berdampak pada pengeluaran bulanan. Penyebabnya, terkadang adanya oknum yang tidak bertanggung jawab dengan memainkan meteran agar tetap bergerak meskipun air tidak mengalir.

Solusinya kita harus mengecek secara aktif keran meteran dan menghitungnya jika ditemukan ketidak wajar cukup difoto sebagai bahan bukti pengaduan.

Solusi yang paling ampuh adalah menggunakan perangkat saluran air rucika, dengan pengalaman yang profesional dan teknologi terkini akan membuat masalah saluran air dirumah terselesaikan. Rucika memiliki moto yang dikenal hampir semua orang.

Dimana air mengalir sampai jauh

Pengalaman selama 40 tahun dan punya fasilitas produksi yang tersebar di seluruh Nusantara dengan tenaga yang ahli dibidangnya adalah alasan mengapa kita perlu memilih rucika sebagai pilihan. Ibarat membangun rumah, membangun sistem saluran air juga begitu, harus dengan pondasi yang kuat. Calcium Zinc yang merupakan bahan yang ramah lingkungan tanpa timbal menjadi kelebihan yang kesekian dari rucika. Pilihan pipa yang disediakan pun sudah lengkap dan bervariasi sesuai kebutuhan yang anda inginkan.




Comments