Abon Lokan Makanan Khas Dari Seluma

Lorasa Abon Lokan Seluma.
NgulikYuk - Makanan khas menjadi daya tarik sendiri dari suatu daerah, Kabupaten Seluma punya makanan berjenis Abon namun bukan berbahan dasar ikan, ayam atau sapi melainkan dari kerang sungai yang ada di Pesisir. Belum pernah dengar kan ? memang ini yang pertama dan satu-satunya, penemunya ialah Dewi Aprida seorang dosen Universias Ratu Samban ( UNRAS ) Bengkulu Utara. 

Bermula dari keresahan petani ikan yang membudidayakan ikan jenis lele,yang selalu gagal dalam perkembangan usaha yang ia kelola.

Ia adalah bapak Mustan, bapak dari tiga orang anak dari Desa Riak Siabun Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu. Ia mencoba keberuntungan dengan mencoba mengganti ikan lele dengan lokan yang ia dapat dari sungai, ternyata hasilnya luar biasa dan dibilang cukup berhasil. Semua itu tidak didapat dengan mudah, Bapak Mustan sempat di bilang gila oleh masyarakat setempat dan menganggap apa yang ia kerjakan adalah omong kosong dan tidak mungkin akan berhasil dan pastinya lokan nya akan mati semua.

Namun Karena keuletannya dan yakin akan hasil yang ia perbuat maka Mustan tetap dengan pendiriannya. Dan terbukti, panennya melimpah dan ia bahkan dikenal seantero Provinsi Bengkulu.

Dewi Aprida dosen yang mengajar di salah satu Universitas di Bengkulu Utara melihat peluang yang berasal dari daerah itu, Ia berinisiatif membuat satu produk untuk meningkatkan nilai ekonomis dari lokan ini. Dari sekian banyak ide ia memilih Abon lokan untuk digalahkan pada kegiatan PKM dari Universitasnya. 

Bekerjasama dengan Kelompok Pembudidaya Ikan ( Pokdakan ) harapan bersama yang diketuai oleh Mustan sang penemu pembesaran Lokan di Kolam.  

LORASA adalah Trade Mark

Supaya lebih dikenal luas maka Dewi memberi merk dagan untuk produk yang dipasarkan nantinya, hal ini bertujuan untuk menambah nilai dagang dari suatu produk. Pemilihan Nama LORASA terbesit dalam dirinya dari dua nama, Pertama Universitas Ratu Samban dan yang Kedua Desa Riak Siabun yang memang daearah asal bahan baku Lokan yang dikemabang biakan ini. Dengan kedua ide itu maka dipilihlah nama LORASA yang dapat berarti lokan Riak Siabun maupun Lokan Ratu Samban.

Sekarang Abon lokan adalah makanan khas dari Seluma yang siap dinikmati dengan berbagai makanan, dan dapat dikosumsi kapanpun dan dimanapun. Lorasa adalah produk abon lokan yang berasal dari SELUMA Provinsi Bengkulu.


Contact Person
Dewi Aprida
Wa/Telp : 0852 6922 9133




Comments

  1. Penasaran sama rasanya, mau dong nyoba. Apa seenak rendang

    ReplyDelete
  2. sayangnya saya gak suka lokan. tapi bagi pecinta lokan kayaknya abon ini perlu dicicip nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dulu dong enak buat tambahan makanan lainya

      Delete
  3. Kayaknya enak ya Ang. Kalo selama ini abon cuma terbuat dari daging sapi ato ayam, ini dari lokan loh. Syedaaaap!

    ReplyDelete
    Replies
    1. inovasi baru yang ini. kalo kata orang makanan jaman now

      Delete
  4. Mantep nih, coba digencarkan promosinya kak. sudah saatnya ptoduk lokal dikenal masyarakat luas.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah berkomentar secara bijak dan sesuai topik . . .