Solusi Buat Kamu yang butuh Sat-Set

8 Hak Anak Yang Perlu Kamu Ketahui

Picture dari Canva

Ngulikyuk - Apa yang harus anda siapkan saat menanti kelahiran seorang anak? satu set perlengkapan bayi, atau malah memberikan nama-nama yang sedang viral saat ini. ketahuilah, lebih dari itu seorang ayah memiliki kewajiban yang harus di berikan ke anaknya bahkan sebelum menikah. Simak untuk lebih detilnya..

Sebagai seorang muslim, ada panduan yang setidaknya menjadi acuan kita demi mendapatkan ridho allah lewat memenuhi hak seorang anak.

1. Memilihkan Ibu yang Solehah

Hak anak yang pertama bahkan sebelum ia dilahirkan. Memilihkan madrasah pertamanya kelak, yakni ibu. Dengan ilmu yang dipunyai seorang wanita yang akan menjadi contoh langsung di hari-hari sang buah hati akan menjadi penting siapakah orang yang anda pillih.

Muslimah yang baik memiliki kategori yang tentunya saat ini sudah cukup sulit dicari. Minimal melaksanakan kewajibannya kepada Allah, tidak melakukan kemungkaran dan berakhlak mulia.

Banyak orang terlupa dengan hak anak yang satu ini. Tapi ketahuilah anak yang mendapat seseorang ibu yang sholehah kelak ia akan tumbuh seseorang yang memiliki pengetahuan agama minimal seperti ibunya atau lebih tepatnya kedua orang tuanya.

2. Mendatangi Istri dengan Bismillah dan Do'a Pelindung Syaiton

Kedua, ini juga dilakukan sebelum anak tertsebut lahir. Itulah indahnya islam yang memeberikan kepada penganutnya ilmu yang detil dan sempurna.

Melakukan reproduksi dengan syari'at akan memenuhi hak-hak anak. Dampaknya pun sangat baik, selain bernilai ibadah anak yang dihasilkan dari hubungan semacam ini akan memiliki akhlak yang penurut.

Akan tetapi saat anda lupa, maka syaiton akan bersetubuh lebih dauhulu dengan pasangan kita, bibit yang ini akan menghasilkan anak yang akhlaknya seperti ibu bapaknya yang pelupa.

3. Bersyukur atas Kelahirannya

Bersyukur adalah hal yang krusial dalam islam. maka dari itu dari semua sendi kehidupan ada nikmat allah, termasuk kelahiran anak. Syukur yang paling rendah adalah mengucapkan kalimat hamdallah yakni "Bismillah.

Lebih lanjut lagi, kita bisa bersedekah atas kelahiran sang buah hati. berbagi menjadi salah satu bentuk syukur tingkat selanjutnya yang tentunya bisa mengundang rahmat allah kepada hambanya.

4. Memilih Nama-Nama Terbaik

Banyak ungkapan nama adalah do'a. Maka jangan sekali-kali memberikan nama atau panggilan buruk ke anak. Berdasar pada Al-Quran, jangan memberikan panggilan buruk kepada seseorang karena diibaratkan mendo'akan keburukan pula.

Sebaiknya menggunakan satu suku kata saja. Misal : Muhammad, Ibrahim, Yusuf dan nama-nama yang berarti kebaikan.

5. Berlaku Adil Kepada Semua Anak

Jika anda memiliki anak lebih dari satu. Maka adil adalah hak utama yang wajib kamu penuhi kepada semua anak-anakmu. Adil bukan berarti sama rata. Misal, belanja seorang anak di sekolah dasar akan berbeda dengan anak yang di tingkat menegah atas.

Kasih sayang pun akan menjadi hal yang kamu bagi dengan adil tentunya. Jangan sampai ada anak yang merasa terasingkan dan kecemburuan.

6. Aqikahkan

Ini menjadi salah satu perintah allah. Anak laki-laki dengan 2 ekor kambing, sedangkan anak perempuan satu ekor kambing. Aqikah ini merupakan syukur dan tebusan kita ke allah agar kita paham bahwa nikmat allah sangat banyak.

Pahala yang diperbuat anak belum akan kita peroleh andai Aqikah belum terlaksana.

7. Mendapatkan Pendidikan yang Baik

Selanjutnya kita harus memberikan pendidikan yang bertauhid ke allah. Porsi dunia jangan sampai lebih banyak dari akhirat. Kita yang menjadi madrasah awal, maka hendaknya kita pun memiliki ilmu yang mempuni.

Pendidikan yang baik termasuk memilihkan sekolah yang baik. Jadi hak anak anda bukan hanya sebatas sandang, pangan dan papan sahaja.

8. Sandang, Pangan dan Papan

Setelah semuanya anda laksanakan. Lalu topang dengan kebutuhan-kebutuhan yang dasar yakni sandang, pangan dan papan yang layak sesuai kemampuan orang tuanya.

Halal adalah kuncinya. Karena yang haram nerakalah tempat yang pantas untuknya..


Comments