Solusi Buat Kamu yang butuh Sat-Set

Kamu Nanya, Apa Yang Harus di Perhatikan Saat Beli Laptop Second




Ngulikyuk
-
Bismillah berikut ini panduan buat kamu yang akan membeli laptop second atau seken diwaktu dekat ini. Setidaknya  ada 5 bagian penting agar kamu mendapat barang yang bagus. Apa saja ke-lima bagian tersebut cek dibawah..

 1. Cek Fisik

Hal yang utama dan paling mudah ialah melihat fisik secara keseluruhan. Beli secara offline lebih disarankan, jika online kita tidak bisa memastikan. Ada bagian yang cukup riskan pada bagian laptop misal Engsel dan Port-portnya.

Hampir dipastikan jika fisik masih original dan bagus maka akan bagus pulalah laptop yang kita ingini itu. Mengapa fisik ini penting, alasanya ialah kenyamanan saat menggunakannya di ruang terbuka. Fisik yang sudah kucel akan membuat kita kurang percaya diri. Sebaliknya, apabila bagus maka show up ke kawan-kawan akan lebih pede.

2. Keyboard


Merupakan bagian dari fisik, keyboard menjadi faktor kedua yang harus diperhatikan. Bukan tanpa alasan, papan ketik pada laptop sering terjadi kerusakan dan itu harus diganti satu set tidak bisa hanya per huruf ataupun sebagian.

Cara pertama, buka aplikasi Microsoft word lalu coba ketikan huruf satu per satu. Hal ini akan mengetahui seberapa baik keyboard pada sebuah laptop.

Cara kedua, hubungkan laptop dengan Internet. Buka browser dan cari Keyboard-Test, lalu ketik semua tombol yang ada pada keyboard. Keyboard yang bagus akan berwarna hijau ketika diketik fisiknya. Sedangkan bila terjadi kerusakan warna tampilan di Keyboard-Test tidak berubah.

3. Layar/Monitor

Layar juga jangan sampai terlewatkan. Kerusakan pada layar akan sangat mengganggu saat laptop digunakan. Bekas jatuh atau terkena air biasanya faktor utama yang dapat merusak monitor dilaptop.

Ada dua jenis kerusakan yang sering ditemukan. Death Pixel dan White Pixel. Keadaan monitor berwana hitam sebagian atau seluruhnya atau bahkan bercak saja ini dinamakan Daeth Pixel. Kondisi layar ini tidak bisa diperbaiki dan harus diganti.

Selanjutnya posisi White Pixel, kondisi layar laptop ada bercak putih dibeberapa bagian. Hal ini masih bisa diperbaiki hanya saja harus melihat dari banyak atau tidaknya bercak tersebut. Cara memperbaikinya terbilang cukup sulit, dengan membuka lapisan monitor lalu bersihkan dengan menggunakan cairan khusus.

4. Baterai


Tanyakan kepada penjual berapa lama daya tahan baterai laptop. Kamu tidak mau kan laptop kamu disebut laptop PLN karena harus colok listrik setiap digunakan. Untuk mengganti baterai ini cukup mahal berkisar 250 ribu hingga 1 juta rupiah.

5. Software 

Bagian yang paling sulit untuk dideteksi. Kamu harus punya satu keahlian untuk melihat software yang terdapat pada sebuah laptop. Info atau spesifikasi laptop bisa dilihat pada menu setting lalu klik pada bagian about.

Aplikasi juga termasuk didalam software. Terutama pada aplikasi office, lihat pula apa versi terbaru atau yang sesuai dengan spek laptop tersebut.

Disarankan saat membeli laptop second untuk melakukan install ulang, agar performanya kembali meningkat.

 

Comments