Tutorial Meningkatkan Traffic Blog dan Website

Bikin Laptop Lama Jadi Kencang, Bisa ?



Ngulikyuk - Salah satu kendala laptop yang paling banyak ditemui adalah masalah kecepatan dalam sistem operasionalnya. Hal ini biasa ditemukan di laptop yang rilis 5 sampai 10 tahun lalu. Namun jangan khawatir masih ada solusi yang dapat kamu coba untuk menyelesaikan masalah tersebut. Kali ini kita akan memberikan tips membuat laptop lama kamu jadi kencang, target kita kali ini adalah laptop dari Brand Acer seri Aspire 5 E5-411-C02F yang saya punyai.

Laptop ini saya beli dengan harga yang murah yakni sebesar satu juta lima ratus ribu rupiah. Kondisi saat itu adalah baterai yang sudah low atau sering disebut laptop PLN karena mainnya harus menggunakan charge langsung ke listrik jadi nggak bisa jauh-jauh dari colokan. Namun kendala lain adalah performa laptop yang sangat lamban membuka satu aplikasi saja butuh waktu yang cukup lama, hadeuh capek deh..

Dengan kejadian itu saya berinisiatif bagaimana agar laptop kentang ini dapat Sat Set Sat Set kembali, Nah ini juga bisa kamu terapkan ke laptop lama kamu juga ya, lets check this out...



Pertama yang harus kita perhatikan adalah komponen atau perangkat keras yang dapat kita upgrade seperti RAM, Hardisk, dan tambahan lainnya. Sayangnya laptop Acer E 14 keluaran tahun 2014 ini hanya memiliki satu slot memori RAM jadi kamu perlu beli yang besar semisal beli yang berukuran 4GB atau lebih besar. Saya memutuskan membeli RAM laptop bermerk Hynix buat korea yang 4GB tentunya, oh iya yang terpenting sebelum membeli RAM perhatikan tipe dari RAM yang kompatibel biasanya tertera pada laptop di bagian spesifikasi. Untuk laptop ini menggunakan RAM DDR3 L, jangan sampai membeli yang berbeda dengan ini yang hasilnya kamu akan membeli lagi, Jadi harus benar-nbenar diperhatikan ya ngulikers..

Nah opsional kedua kamu bisa mengorbankan M-DISC atau tempat kaset di laptopmu, Karena rata-rata laptop lama tidak menyediakan port untuk menambah Hardisk maka dari itu solusinya adalah menambah Hardisk dengan HDD tambahan dengan HDD Caddy yang memungkinkan kamu mengganti M-DISC kamu sebagai tambahan Hardisk. 

Ketiga, kamu bisa memberikan cairan pendingin pada Prosesor kamu, ini juga berpengaruh dengan kinerja laptop lama kamu bisa jadi karena cairan ini sudah kering performa laptop kamu menurun.

Nah tips-tips tadi dapat kamu terapkan dilaptop lama kamu agar bisa digunakan dengan maksimal kembali, selamat mencoba..

Comments