Dua Pilihan Laptop Second Murah Berkualitas

Tips Berkendara Saat Musim Hujan


Ngulikyuk
- Perubahan cuaca saat ini sangat cepat, dari yang tadinya panas tetiba bisa hujan mendadak. Cuaca ekstrim terjadi diseluruh  belahan bumi ini yang diakibatkan oleh banyaknya es yang mencair dan beberapa faktor lainnya. Masyarakat diharuskan wasapada terhadap hal-hal tersebut dengan banyak-banyak berdiam diri dirumah saat terjadi badai, namun terkadang banyak pekerjaan yang mengharuskan kita untuk keluar rumah dengan menggunakan kendaraan. Berikut tips yang boleh kita terapkan saat berkendara ketika musim hujan terjadi.


1. Jas Hujan


Ketersediaan jas hujan sudah menjadi barang wajib yang harus dibawa saat musim hujan. Pilihlah jas hujan yang simpel dengan ukuran yang kecil dan ringan, baiknya menggunakan mode single supaya lebih praktis dan nyaman. Banyak sekali pilihan tools ini dipasaran dari berbagai merk dan ukuran, bisa juga menggunakan jas hujan yang punya style kekinian agar kamu lebih pede saat berkendara kendatipun huja sedang lebat.


2. Nyalakan Lampu Kendaraan


Bukan lampu rumah ataupun lampu petromax ya, tapi pastikan sistem kelistrikan dikendaraan kita dalam keadaan normal dan berfungsi dengan baik. Tujuannya ialah selain menerangi jalan untuk kita sendiri hal ini juga menjadi pertanda bagi pengguna jalan lainnya bahwa ada pengendara yang melintas dan sinyal bagi hewan-hewan yang melintas.


Jangan hanya saat hujan saja, tapi peraturan di negara kita sudah mengharuskan untuk menghidupkan lampu saat berkendara dalam keadaan apapun, bukan?


3. Ban


Periksa secara berkala tekanan angin yang ada pada Ban kendaraan anda, jangan sampai merepotkan ketika hujan lebat tiba-tiba terjadi trouble. Di musim hujan biasanya tekanan udara dalam Ban akan cepat berubah dan mengempes, usahakan agar tekanan udara stabil agar nyaman saat melaju.


4. Pelan


Kurangi kecepatan, jangan mengerem mendadak agar tidak terjadi selip pada Ban anda. Kita tahu apabila terjadi hujan yang setengah membasahi jalan raya akan menyebabkan jalan licin dan dapat berakibat kecelakaan bagi pengguna jalan. Berkendaralah dengan kecepatan antara 40-60 KM per jam agar aman saat terjadi hujan.


5. Jarak


Selalu terapkan jaga jarak dengan pengendara lain, apalagi jarak pandang yang pendek saat terjadi hujan. Blind spot pada kendaraan mobil dan kendaraan besar lainnya harus diperhatikan pula untuk mengurangi resiko yang tidak diinginkan.


6. Fokus


Waspada genangan air, jalanan berlubang akan tertutup air sehingga berbahaya. Kondisi tubuh saat musim hujan akan berbeda, maka dari itu jagalah kesehatan agar bisa menjaga fokus saat berkendara. 


7. Berteduh

Jika hujan dirasa terlalu lebat, ada baiknya menepi sejenak dan menunggu sedikit reda.


Tips ini dikutip dari flyer iklan masyarakat yang dikeluarkan oleh POLDA Bengkulu, semoga bermanfaat..

Comments