Dua Pilihan Laptop Second Murah Berkualitas

Kenali Penyebab dan Solusi Banjir saat Musim Hujan


Ngulikyuk
- Banjir adalah musibah yang seringkali kita dengar disekitar lingkungan. Menyebabkan kerugian yang terbilang besar bahkan dapat menghilangkan jiwa seperti yang sering terdengar dilayar kaca. Bahkan dikota-kota besar hal ini sudah lumrah dan menjadi masalah yang berlarut-larut. Disini kita akan coba mengurai masalah yang menyebabkan banjir dan memberikan solusinya dengan sebaik mungkin. Semoga Bermanfaat ya Ngulikers..

Banyak faktor yang dapat menyebabkan banjir ini terjadi, Pastinya hampir semua setuju akibat perbuatan manusia seperti yang tertulis dalam Al-Quran AR-RUM : 41 yang berbunyi telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia.

1. Penggundulan Hutan

Penyebab pertama adalah penggundulan hutan, sebagaimana kita tahu bahwasanya pohon adalah penyimpan dan penyerap air yang paling utama. Jika banyak pohon yang ditebangi, apalagi yang dapat menampung air saat turun hujan dari gunung. Ibarat sesuatu tanpa filter maka akan langsung mengalir ke daerah-daerah rendah dan dapat menyebabkan banjir yang membahayakan. 

Banjir Bandang, Longsor bisa terjadi apabila situasinya suda demikian. Tinggal menunggu kapan banjir akan menimpa daerah tersebut, seperti bom waktu yang tinggal meletup. Kemungkinan terburuknya adalah hilanya suatu lokasi ataupun wilayah terdekat karena tidak ada pohon lagi disana. Hanya karena ulah segelintir orang dengan kepentingan individu ataupun kelompok mengorbankan banyak jiwa akibat perbuatan tersebut.

Solusi, Pemerintah harus memberikan aturan yang ketat akan hal ini. Patroli secara berkala merupakan jawabannya sekaligus menjadi pencegahan awal dalam kerusakan hutan. Tidak adalagi suap menyuap dalam pengelolaan hutan, terkadang ada oknum yang menjadikan hal ini sebagai tambahan dan tanpa sadar lambat laun akan berakibat fatal.

Masyarakat harus sadar dan bersama-sama menjaga keutuhan hutan. Pengelolaan hutan yang tidak berlebihan serta meminta arahan pemerintah daerah mana yang harusnya memiliki batasan tertentu. Jika sudah terjadi, maka kedua pihak baik pemerintah maupun masyarakat harus melakukan reboisasi terhadap pohon-pohon ini. 

2. Debit Air yang Melebihi Daya Tampung

Inilah penyebab yang paling banyak terjadi. Hujan yang terjadi berakibat rawa dan resapan terisi semua. Air yang tidak tertampung inilah yang menjadi masalah, meluber kerumah-rumah dan merugikan. Bulan tertentu memang debit air meningkat dan kita harus bersiap menghadapinya dengan berbagai cara.

Solusinya ialah membuat saluran air menjadi lancar dengan cara membersihkan secara berkala dan mengecek berbagai perlengkapan seperti pintu-pintu air apakah ada sumbatannya. Melakukan pengerukan kembali di siring-siring, dimana pengendapan sering terjadi akibat tanah yang ikut bersama aliran sungai. Membuat resapan buatan juga menjadi langkah yang tepat untuk mengatasi berlebihnya debit air ini.

Biasanya banjir karena debit air yang tinggi ini hanya terjadi sesaat dan akan cepat surut. Namun kita perlu waspada apalagi dengan perubahan cuaca yang ekstrim.


 3. Kesalahan Developer Perumahan

Untuk calon pembeli perumahan harus diperhatikan, bila perlu ditanya kepada pengembangnya apakah ada surat izin untuk membuat perumahan dilokasi yang anda inginkan. Saat ini banyak pengembang yang membangun daerah resapan, bantaran sungai bahkan parahnya sungai yang ditimbun. Jika tidak ingin merugi dikemudian hari hendaklah lebih teliti dalam membeli hunian.

Nah itulah beberapa paparan tentang penyebab serta solusi yang dapat dijabarkan oleh Ngulikyuk. Semoga bermanfaat...:-)

Comments