Dua Pilihan Laptop Second Murah Berkualitas

Tips Agar Tagihan Air PDAM Kamu Tidak Bengkak


Ngulikyuk
- Air merupakan elemen utama yang dibutuhkan didalam kehidupan manusia. Berbagai aktivitas senantiasa menggunakan air untuk bisa berjalan normal, sebut saja tubuh kita yang 80% terdiri dari air yang jika kekurangan maka akan bisa mengganggu kesehatan. Didalam rumah tangga pun tak bisa dilepaskan dari kebutuhan akan air ini semisal, untuk keperluan mandi, cuci baju, memasak dan lain sebagainnya.

Ketersediaan air bersih dan sehat adalah kunci utama untuk memperoleh kehidupan yang ideal. Apapun akan dilakukan untuk memenuhi hal itu, dengan membuat sumur galian, sumur bor, dan menyewa perusahaan air minum daerah atau sering disebut PDAM. Untuk di desa-desa masih memungkinkan membuat sumur galian dengan alasan tanah yang dimiliki masih cukup luas sedangkan untuk sumur bor akan memakan cost yang mahal. Beranjak dari masalah inilah, khusunya penduduk kota atau urban menggunakan PDAM ini untuk memenuhi kebutuhan air bersih secara maksimal.

PDAM yang notabennya adalah milik pemerintah cenderung lebih murah dan anti ribet terkadang punya subsidi yang menguntungkan pelanggan. Namun, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan agar pembayaran tagihan bulanannya dapat dikontrol dan tidak terkesan mubazir. Simak sampai usai ya..


1. Perhatikan Penggunaan Air

Boros adalah sifat yang buruk, begitu juga dalam urusan air. Maka sepatutnya lah kita harus memperhatikan penggunaan air yang digunakan sehari-hari, jika tidak digunakan segera matikan kran air yang dapat meluber kemana-mana otomatis memberikan dampak kepada tagihan di PDAM kita. Terutama saat ingin bepergian baik jauh maupun dekat cek kran 2 sampai 3 kali agar benar-benar yakin kran sudah mati, terkadang kita lalai akan hal sepele yang menyebabkan kita menyesal dikemudian.

Jika kebiasaan mengecek ulang kran ini terus dilakukan, Insya allah akan menjadikan sifat boros karena kelalaian berkurang. Selain timbul budaya hemat, tagihan PDAM pun akan berada pada keadaan normal bahkan murah.

2. Jangan Ragu Meminta Periksa Instalasi

Hal ini cukup penting dilakukan, karena dapat mempengaruhi jumlah rupiah yang harus dibayarkan diakhir bulan. Banyak faktor Instalasi PDAM rusak, itulah sebabnya jangan ragu menghubungi petugas bila perlu lakukan secara berkala.

Faktor Usia, semakin lama instalasi yang dibuat maka akan semakin besar kemungkinan kerusakan yang terjadi. Semua bahan seperti paralon, lem, besi kran memiliki masa pakai masing-masing yang harus diganti pada waktunya. Sebagai contoh, jika paralon sudah lapuk dan bocor tanpa kita sadari maka ini akan biaya tak terduga bahkan bisa menggangu debit air di penampinga atau bak mandi kita. Kemudian kran rusak, dapat pula menyebkan air selalu mengalir meskipun sudah dimatikan tentunya lagi-lagi akan merugikan kita sebagai pengguna.

Kesalahan pemasangan, petugas juga manusia. Sebutan ini cocok untuk disematkan kepetugas
yang terkadang memiliki kekurangan dalam pemasangan entah itu karena apa. Ini boleh dilakukan saat tagihanmu tidak normal seperti orang-orang yang setara pemakaian airnya dengan mu.

3. Hidupkan Kran Setengah atau Kurang dari Itu

Hindari menghidupkan kran tiba-tiba dan pada putaran penuh, sebaiknya saat pagi hari berikan putaran maksimal setengah saja dan alirkan sampai penuh. Bila tidak terlalu urgent hanya gunakan seperempat putaran saja tak apa meski agak lama, ini juga dapat menghemat biaya tagihan kita. Semuanya dapat menghindari arus air kecil yang diakibatkan penggunaan bersamaan dengan pelanggan lain, jadi bangun pagi ya bund..heheh

Putaran penuh pada kran mengakibatkan putaran pada speedometer PDAM akan kencang pula yang akhirnya mencatatkan angka penggunaan menjadi lebih cepat, kita tahu jika itu terjadi hitungan angka tersebutlah yang akan tercatat sebagai tagihan. 

4. Bayarlah Tagihan Tepat Waktu

Pembayaran yang ditentukan adalah tanggal 10 setiap bulannya lewat ataupun ketelatan akan dikenakan denda, tentu ini akan memberikan biaya tambahan ditagihan kita. Hindarilah menunda-nunda pembayaran agar uang yang dikeluarkan tidak bertambah.

Nah, demikianlah tips agar tagihan Air PDAM kamu tidak membengkak. Semoga kedepannya kita menjadi pelanggan yang bijak menguntungkan kita sendiri.


Comments