Lucu, Akal Akalan Pemudik yang Akhirnya Ketahuan Petugas



Ngulikyuk
- Hari lebaran sejatinya adalah hari raya yang dinanti-nanti karena menjadi momen berkumpul bersama keluarga. Namun berbeda dengan tahun ini, suasana lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah atau yang bertepatan dengan tahun 2021 kali ini merupakan lebaran yang paling tidak mengenakan terkhusus untuk para perantau.

Dibeberapa daerah banyak kejadian yang membuat kita menggeleng-gelengkan kepala dengan berbagai fenomena akibat dilarangnya mudik.

Semenjak peraturan pemerintah yang melarang para pemudik untuk pulang ke kampung halaman berbagai cara pun dilakukan untuk bisa berkumpul dengan orang-orang yang dicintai. Setidaknya ada 4 hal yang tak lazim dilakukan para pemudik untuk mengelabui petugas, berikut artikelnya..

1. Menumpang di Truk Terbuka

Betapa terkejutnya petugas yang menemukan adanya satu keluarga yang berusaha mudik dengan menumpang di sebuah truk, kejadian yang terjadi diruas jalur Exit Tol menuju Ngawi. Belasan orang yang tertangkap didalam truk tersebut. Mereka pun ditahan oleh tim gugus tugas.

Lain lagi di Pandeglang, Banten. Pemudik mengelabui petugas dengan menyelinap di truk motor dealer yang masih baru.

Kejadian ketiga menggunakan truk sayur untuk mudik, delapan orang yang akan mudik langsung di suruh putar balik oleh petugas.

2. Menggunakan Ambulans

Menggunakan Ambulans untuk mengangkut penumpang. Kejadian berada di Bekasi, Jawa Barat. Saat petugas mengharuskan sang sopir putar balik terjadi adu mulut antara petugas dan sang sopir.

Saat dimintai surat keterangan sang sopir tidak mampu menunjukannya, sebelumnya ia bergeming ingin mengantar keluarga pasien menjenguk keluarga yang meninggal.

3. Berpura-pura Sakit

Pemudik menggunakan berbagai cara untuk sampai ke kampung halaman. Cara yang dilakukan pun unik-unik seperti berpura-pura sakit agar di izinkan mudik, namun saat diperiksa oleh petugas ia pun dinyatakan baik-baik saja.

Ada pula yang takut disuntik, dan akhirnya putar balik dan tidak jadi mudik. Memang hal ini adalah video iklan larangan mudik yang dibuat oleh kepolisian Malang agar tidak ada pemudik yang nekat dengan alasan yang tidak masuk akal. 

4.  Serobot Jalan Tikus

Pemudik menduga bahwasannya jalur yang tidak ada penjagaanya adalah jalur kecil. Aksi kucing-kucingan pun terjadi saat lebaran tahun ini, dengan memlih jalan alternatif. Meskipun jauh dan melalui jalur yang terbilang sempit mereka tetap bersikukuh untuk menempuhnya agar bisa berkumpul bersama keluarga.


Itulah kejadian-kejadian yang lucu yang terjadi saat arus mudik 1442 H. Mengundang tawa memang, tetapi sedih buat para pemudik yang gagal pulang kampung ;-)

Comments