Mau Masjid Makmur, Ini Tipsnya ?

Kamu Harus Tahu! 5 Maksud Hidup dan 5 Keperluan Hidup


Ngulikyuk -
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, hai ngulikers semoga sehat selalu dan tetap dalam lindungan allah subhana wa ta'ala dimanapun kamu berada. Allahuma sholi 'ala sayyidina Muhammad, semoga allah sampaikan salam kita kepada junjungan kita nabi terakhir yang diutusnya sebagai rahmatan fil 'alamin. Kali ini kita akan membahas 5 maksud hidup dan 5 keperluan hidup seorang manusia, tanpa berlama-lama ayo kita came on..

Setiap manusia dimuka bumi ini pasti punya kebutuhan namun tahukah kamu bahwasanya ada yang lebih penting dari itu semua yakni tujuan hidup.

“ Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku.” (QS. Adz Dzariyat: 56)

Baiklah, pertama kita akan bahas 5 Keperluan Hidup terlebih dahulu

1. Makan dan Minum

Ini adalah kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi untuk melakukan aktifitasnya sehari-hari. Siapa pun didunia ini pasti membutuhkan energi, nah energi ini didapatkan dari makanan. Bahkan jikalau makanan sudah terhidang dan tiba-tiba adzan berkumandang kita dianjurkan makanan terlbebih dahulu.

2. Pakaian

Menutup aurat adalah sesuatu yang wajib bagi muslim. Maka dari itu kita butuh pakaian namun bukan untuk terlalu memikirkannya atau bahkan menjadi penggila fashion, Na'udzubillah.

3. Perumahan

Untuk berlindung dari hujan, panas dan binatang buas kita tidak menampikan ingin memiliki rumah. Tapi bukan berarti kita harus mati-matian untuk urusan ini saja dalam dunia ini.

4. Kendaraan

Rasulullah memiliki kendaraan termahal dizamannya yakni unta merah, untuk berdakwah. Saat ini kita perlu kendaraan bermotor untuk memudahkan kita dalam bepergian.

5. Menikah atau Pernikahan

Manusia untuk meneruskan generasi penerus, musthil tanpa adanya pernikahan. Allah mencipatakan kita berpasang-pasangan dan sudah menjadi fitrahnya manusia agar melaksanakannya. Pernikahan merupakan salah satu Ibadah yang paling menyenangkan.

“ Maka apakah kamu mengira, bahwa sesungguhnya Kami menciptakan kamu secara main-main (saja), dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami?” (QS. Al Mu’minun: 115)


Selanjutnya kita akan membahas 5 Maksud Hidup manusia

1. Menyempurnakan Iman

Iman jangan sampai bercampur dengan kemusrikan. Allah tidak akan menerima iman seseorang jika ia mencampurkan dengan kemusyrikan layaknya kita tidak ingin menerima beras yang bercampur pasir atau minyak bercampur air. Kemusrikan bukan orang yang tidak percaya allah, akan tetapi orang yang mempercayai allah tapi menyandingkannya dengan yang lain seperti usaha. Padahal allah mampu mengabulkan permintaan seseorang dengan ataupun tanpa sebab usaha.

" Aku sembuh karena obat ini,"

atau Allah akan menyebuhkanku tetapi aku harus berobat dulu

Kalau begitu kita ngga usah berobat

Ini pun salah, bukan begitu maksudnya. Bukan meninggalkan obat tapi meninggalkan keyakinan kepada obat. Dalam artian luasnya, Meninggalkan asbab Haram namun yakin kepada asbab adalah Kesyirikan

Sebagai contoh lain, 

kan allah yang ngasih rezeki tapi kan harus kerja dulu

Namun berbeda dengan orang yang beriman akan mengatakan

" Allah yang memberi rizki selain allah tidak bisa memberikan rezeki, Allah mampu memberikan rizki kepada orang yang bekerja ataupun tanpa bekerja, La illaha ilallah"

2. Menyempurnakan Amal Ibadah

Amal ibadah seperti Sholat, Puasa, Zakat, dan Haji adalah ibadah yang telah allah tetapkan untuk muslim. Apabila kita mampu melakaksanakan bebarapa ibadah tersebut namun sengaja tidak melaksankannya maka akan berdosa.

3. Menyempurnakan Muamallah

Ini merupakan peraturan-peraturan allah yang memberikan tata cara dalam berhubungan dengan orang lain atau dalam kata lain hidup bermasyarakat termasuk didalamnya jual beli atau yang berhubungan dengan angka.

4. Menyempurnakan Muasyarah

Berlaku baik dan tata cara memuliakan manusia lain ada dalam Bab ini. Menjamu tamu, memuliakan sitri/suami adalah contohnya.

5. Menyempurnakan Akhlak

" Pesan Nabi saw, ''Mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya.''


Itulah sekelumit pengetahuan yang coba saya bagikan. 5 Keperluan itu ada untuk menunjang 5 Maksud hidup seorang manusia. Jika tidak maksimal dalam mendapatkan 5 Keperluan tidak apa namun jikalau tidak mendapatkan 5 Maksud Hidup maka akan merugi di akhirat kelak. Wallahualam Bissawab..

Comments

  1. hayoooo....kapan teori ini di eksekusi oleh para jumblo Bobe? sangat dinantikan undangan segera heee

    ReplyDelete
  2. Tulisan ini sebagai sarana muhasabah untuk merenungi esensi dari kehidupan yang kita jalani selama ini. Semoga senantiasa dimudahkan jalan dan berkah untuk kita semua. Aamiin.

    ReplyDelete
  3. Bener ini, apalagi dalam menyempurnakan akhlak dan ibadah...

    ReplyDelete
  4. Waahhh apakah Aang akan segera memenuhi ke-5 maksud hidup itu? hihiii. Makasih remindernya Aang akan tujuan hidup, harus sering-sering baca tulisan kaya gini, biar hidup ga melenceng dari tujuan. xD

    ReplyDelete
  5. Jadi ingat pelajaran sekolah dulu tentang kebutuhan primer manusia. Sandang, pangan, papan. Hehe

    ReplyDelete
  6. Hayooo eksekusi maksud hitup tu kak aang. Sempurnakan agama. Hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap laksanakan, insya allah dipermudah.. hidayah untuk kita semua aamiin

      Delete
  7. Kebanyakan kita memang fokus ke keperluan hidup aja tanpa ingat maksud hidup.. Kuylah berbenah diri

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah berkomentar secara bijak dan sesuai topik . . .