NgulikYuk

Sunday, November 17, 2019

Belajar Jadi Film Maker di ClasswithLumix

Andibachtiar saat menyampaikan materi

Ngulikyuk – Kota Bengkulu menjadi salah satu kota yang beruntung pasalnya dilewati oleh Lumix tour untuk melakukan kelas bersama para pegiat film kawakan sebut saja Benny Kadarhariarto, Takun Arrosid dan Andibachtiar Yusuf. Saya mendapat kesempatan untuk mengikuti kelas yang dilaksanakan pada Sabtu(16/11/19) siang di Bombaru Bar and Resto. Ilmu dan Kawan baru pun dibawa pulang seusai acara tersebut, mau tahu apa aja ilmunya Ngulikers ? Simak rangkumannya berikut ini…

Brand Lumix  

Adalah produk dari Panasonic yang bergerak dibidang Kamera dan Perlengkapannya berdiri pada tahun 1960. Lumix membantu para film maker untuk mempermudah berkarya lebih mudah lagi sesuai dengan kebutuhan saat ini semisal kualitas video yang mendukung 4K disetiap produksinya. 

Selain Kamera DSLR serta Mirrorless, brand ini mengembangkan hal yang tak kalah penting yakni Lensa yang berkolaborasi bersama Leica yang tidak diragukan lagi namanya didunia Photography dan Videography. Lumix mengklaim setiap produknya mampu menghasilkan gambar dengan kualitas 4K yang punya keuntungan yang cukup banyak.

Salah satunya, Frame yang dihasilkan oleh format video dapat dikonversi menjadi gambar atau foto yang Full HD. Dengan kelebihan ini, pastinya akan menghasilkan karya yang memanjakan mata penikmat video atau film yang anda buat. 

Tips Sukses jadi Videography/Cinematography/Film Maker

1. Tips Sukses ala Takun Arrosid

Takun Arrosid adalah seorang Cinematography yang sudah banyak berkarya seperti Video Brand dan Video Musik ia memulai karyanya dengan menjadi seorang LSM( Lembaga Sensor Manten) biasa disebut. Benar, ia mulai berkarya dengan mengambil Job Kawinan sebelum menjadi seoarang yang ahli di Cinematography

Menurut Takun sebuah video harus punya cerita yang menarik penonton, dengan ide yang sebenarnya sederhana. Sebagai contoh, ide atau pesan yang disampaikan merupakan keresahan orang banyak. Selain itu, ia menyebut persiapan yang matang saat melakukan produksi mulai dari Persiapan, Pelaksanaan hingga proses editing kesemuanya harus menyatu dan mendukung satu sama lainnya.

Banyak mengumpulkan referensi dan lakukan Riset menjadi tips suksesnya sebuah video berikutnya, dengan meminta masing-masing yang terlibat dalam produksi mengirimkan idenya lalu disimpullkan sesuai kebutuhan. Buatlah ide yang kita punya terbalut dengan kreasi dan Identitas suatu Production House(PH) yang memliki ciri khas tersendiri.

Media Sosial tak kalah penting dalam kesuksesan atau viralnya sebuah karya. Takun memberikan gambaran bagaimana pentingnya Sosmed diera sekarang ini dengan mempelajari bagaimana memaksimalkan semua media sosial yang tersedia.

Peserta mencoba produk dari Lumix


2. Tips Sukses Benny Kadarhariarto

Ia merupakan pengusung Digital Cinematography Indonesia(DCI), sebuah komunitas atau kumpulan orang yang mempunyai hobi dibidang produksi video kreatif diplatform Facebook dengan anggota aktif Jutaan orang dan eksis disetiap daerah seluruh Indonesia.

Menurut Om Ben, biasa ia disapa film atau karya yang dibuat jangan bersifat menggurui. Artinya apa ? jangan melulu mendirect pesan dengan itu-itu mulu atau secara vulgar. Ia pun memberikan contoh video tentang keselamatan pengendara yang sama sekali tidak menggunakan Jalan Raya atau pengendara, yang ada hanya adegan seorang ayah didalam kamar mensimulasikan seorang pengemudi dan dilihat oleh anak dan istrinya lalu selang beberapa menit sang ayah dengan muka yang cemas membanting stir mobil kekanan kemudian anak dan ibunya menghampirinya dan memeluk sang ayah.

Peserta dengan semngat menerima ilmu


3. Tips Sukses Andibachtiar Yusuf

Andibachtiar Yusuf adalah sutradara film " Love For Sale 2 " yang punya banyak ide-ide brilian tertuang dalam karyanya. Sebuah film itu berpengaruh pada siapa yang membuatnya dengan latar belakang atau lingkungan yang membentuk seorang sutradara misalkan, kalau dirinya sendiri punya ciri khas disetiap film yang ia garap hampir pasti memiliki adegan bola didalamnya. Ini merupakan signature seorang Ucup nama panggilannya, karena ia suka bola yang menjadi awal untuknya berkecimpung didunia Cinematography.

Mulailah dengan apa yang ada didepanmu, sang sutradara menyebutkan bahwasanya berkarya tidak melulu tentang alat. Pada dasarnya sebuah kreatifitas itulah yang menjadi hal utama dalam pembuatan suatu karya Which is hanya menggunakan kamera handphone.

Tips terakhir dari Andibachtiar Yusuf adalah lihat peluang bisnis dari berbagai sudut yang menyertainya, misalnya seorang Photography pernikahan cobalah untuk membuat Undangan dengan cetakan sendiri, ini juga bisa meng-cover usaha-usaha yang ada disekitarmu.

Kesimpulannya untuk para Videography adalah tuangkan ide yang kamu punya kedalam tulisan secepatnya agar dapat berguna dikarya kalian, lakukan hal yang diluar dari kebanyakan orang lakukan jika ingin sukses, alat bukanlah satu-satunya hal wajib dimiliki namun ide dan saling menghargai setiap  proses serta orang yang terlibat didalam sebuah produksi adalah kunci sukses.

1 comments

November 18, 2019 at 3:45 PM Delete comments

Keren kak, boleh daftar ga jadi bintang film nya hee. Sukses kak Aang

Reply
avatar

Terimakasih sudah berkomentar secara bijak dan sesuai topik . . .
EmoticonEmoticon