Festival-Festival Seru Di Bengkulu




Bengkulu kota Raflessia.
NgulikYuk – Di berbagai Provinsi pastinya punya acara-acara khusus yang mempunyai kesan tersendiri  jika kita melihat dan biasanya menjadi acara tahunan dan teragenda dengan baik oleh pemerintahan. Sehingga pelancong pun dapat memsukan agenda itu kedalam schedule mereka, semisal acara Festival Durian di Medan, Festival layang-layang di Bali, festival jajanan di Jakarta dan masih banyak lagi. Kali ini ada beberapa jabaran festival dan kegiatan yang ada di Provinsi Bengkulu, untuk lebih jelasnya langsung check this out . . .

    1.       Festival Tabut

Festival ini dahulunya adalah ritual Tabut yang memperingati meninggalnya cucu nabi Muhammad yang meninggal secara sahid kala itu di karbala. Dalam perkembangannya dimuat festival didalamnya, festival di laksanakan setiap tanggal 1-10 Muharam dalam penanggalan islam. Berlokasi di lapangan merdeka selama 10 hari dipastikan padat dengan pengunjung mulai dari lokal hingga mancanegara. Kita bisa menemukan berbagai stand dari 9 Kabupaten dan satu Kota yang masing-masing punya khas sendiri, tak hanya itu karya atau produk dari setiap Kabupaten pun dijual disini. Puaskanlah belanja saat berada di festival yang bertepatan dengan tahun baru Islam ini, dan nikmati berbagai rangkaian kegiatan.

    2.       Festival Batik Basurek

Tahukah kamu batik besurek ? batik khas Bengkulu yang punya motif huruf arab gundul yang di padukan dengan bunga raflessia, dan pastinya unik dan punya nilai tersendiri. Berawal dari situ Pemerintah membuat festival ini, akan di ikut sertakan pare pelajar SMA dan SMP untuk melakukan pawai dan beridentitas batik. Semua sudut kota di hias dengan aksen Batik Basurek, banyak ditampilkan pakaian dengan berbagai bentuk dan tentunya kreasi dengan Batik khas Bengkulu yaitu batik besurek. Di lakukan penilaian untuk setiap peserta menambah serunya festival ini yang membuat para design baju atau perlengkapan lebih baik untuk memenangkan lomba kostum terbaik.

    3.       Festival Budaya Bengkulu

Karena Bengkulu pnya banyak tempat bersejarah di antaranya Benteng Marlborough, Rumah Pengasingan Bung Karno, Rumah ibu negara Fatmawati Soekarno Putri maka untuk selalu mengenang sekaligus mengenalkan pada dunia di adakan festival Budaya Bengkulu. Semua kegiatan mengedepankan di lokasi yang di sebut tadi, festival buadaya berlangsung selam 3 hari dengan rangkaian yang membuat kita ingin mengenal budaya Bengkulu.

Itulah sebagian Festival yang ada di Bengkulu yang dapat kalian temukan di berbagai kesempatan apabila berkunjung ke kota Raflessia.

Comments

  1. Masih kurang lengkap cuy, masih banya festival lainnya, seperti festival pesisir pantai panjang yang selalu ramai dan festival di daerah lainnya, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Barakallah mas. semoga referensi saya bertambah lagi aamiin

      Delete

Post a Comment

Terimakasih sudah berkomentar secara bijak dan sesuai topik . . .