Header Ads

ad728
  • Breaking News

    Bahaya Internet untuk Anak


    sumber : techno-pedia.com

    NgulikYuk – Arus informasi sudah sangat besar untuk saat ini, dibuktikan dengan akses ke internet yang semakin mudah dan oleh siapapu tak terkecuali pada anak-anak. Jika digunakan dengan sebaik-baiknya serta pengawasan yang berkelanjutan akan menjadi kelebihan namun apa jadinya jika tidak di ikuti dengan itu, pastinya akan berdampak buruk buat perkembangan anak. Kalau terjadi ketidak pedulian para orang tua akan menyebabkan informasi itu menjadi momok yang berbahaya. Tidak hanya itu pemerintah pun ikut berperan dengan membatasi situs yang berbahaya, di harapkan minimal berkurang.

    Anak-anak kehilangan interaksi dengan dunia luar, bahaya yang pertama ini  akan timbul jika terlalu banyak menggunakan akses ke internet akan berakibat kurangnya interaksi langsung dengan lingkungan, teman sebaya, bahkan keluarga sendiri karena keasikan berselancar di dunia maya. Hal yang harus di lakukan oleh orang Dewasa adalah membatasi penggunaan gadget di hari-hari libur dengan mengajak berlibur mengenal alam misalnya. Dan jelaskan juga tanpa interaksi dengan dunia luar kita tidak akan pernah tahu realnya dunia luar, terkadang informasi yang terbaca tidak seperti kenyataan.

    Ketergantungan pada Gadget, Candu bukan hanya tercipta oleh obat-obatan namun bisa dari sesuatu hal yang terlalu sering kita lakukan. Mental anak akan berkurang jika terlalu mengandalkan informasi dari teknologi dampaknya daya ingat atau pengetahuan kurang tanpa melihat di gadget nya. Baiknya gadget di gunakan untuk belajar dan sekedar tambahan referensi apabila tidak menemukan informasi yang kita inginkan istilahnya jadikanlah opsi kedua setelah guru dan buku.

    Kejahatan teknologi, hal ini juga sering menjadi perbincangan di kalangan kita. Pasalnya tidak sedikit orang tertipu dengan kemajuan informasi contohnya perdagangan anak di situs-situs online, atau bahkan ketika informasi yang di cantumkan terlalu lengkap akan mengundang niat jahat para penculik anak. Perhatikan juga saat ini sudah banyak game online yang berbayar yang mengharuskan pengguna membayar untuk bermain suatu game atau untuk menaikan levelnya dan bagian-bagian lain nya. 

    Dalam arus teknologi yang sangat deras atau disebut Tsunami nya informasi harus berperan aktif dan bahkan lebih aktif dan menguasi teknologi buat orang tua agar mengerti seluk beluk suatu aplikasi atau situs yang ada di Internet. Minimal kita dapat mengetahui mana yang bahay dan tidak boleh di akses oleh anak-anak yang masih belum tahu apa-apa.

    Tidak ada komentar

    Terimakasih sudah berkomentar secara bijak dan sesuai topik . . .

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728